Dari skor rata – rata nilai unsur pelayanan, unsur pelayanan yang memperoleh nilai terendah yaitu: Persyaratan Pelayanan (2,74). Atas dasar tersebut dapat disimpulkan bahwa rendahnya penilaian masyarakat terhadap kinerja atau kualitas pelayanan BP2T Kota Pontianak tahun 2016 disebabkan karena persyaratan perizinan yang kurang dipahami oleh pemohon.
Sedangkan skor rata – rata nilai unsur pelayanan, unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi yaitu : Biaya / Tarif Pelayanan (3,32).
Hal ini dikarenakan pada jenis izin dengan retribusi yaitu IMB dan HO, biaya pelayanan sudah diinformasikan melalui SMS Gateway yang memungkinkan masyarakat pengguna layanan menerima informasi biaya pelayanan / retribusi melalui sms langsung pada masyarakat sehingga biaya pelayanan sesuai.
Dari hasil jawaban responden sebagaimana tabel 5.2 di atas, maka rekapitulasi nilai-nilai rata-rata per unsur pelayanan dapat dilihat pada tabel berikut:
Rekapitulasi Jawaban Responden Perunsur Pelayanan
No. | Ruang Lingkup Survei Kepuasan Masyarakat | NILAI RATA- RATA |
U1 | Persyaratan Pelayanan | 2,74 |
U2 | Prosedur Pelayanan | 2,88 |
U3 | Waktu Pelayanan | 2,79 |
U4 | Biaya / Tarif Pelayanan | 3,32 |
U5 | Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan | 3,10 |
U6 | Kompetensi Pelaksana Pelayanan | 3,00 |
U7 | Perilaku Pelaksana Pelayanan | 2,97 |
U8 | Maklumat Pelayanan | 2,99 |
U9 | Penanganan Pengaduan, Saran, dan Masukan Pelayanan | 2,92 |
Sumber : Tim IKM BP2T Kota Pontianak Tahun 2016
klik disini untuk download SKM BP2T Kota Pontianak Semester 1 Tahun 2016 selengkapnya (File:IKM 2016.rar, 58.5MB)