Gambaran dan analisis hasil capaian Indeks Kepuasan Masyarakat yang disajikan dalam laporan ini diharapkan merupakan cerminan persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Badan Pelayanan Perizinan Terpadu ( BP2T ) Kota Pontianak sehingga rencana perbaikan yang akan dirumuskan benar – benar mencapai sasaran yang diinginkan masyarakat pengguna pelayanan publik.
adapun poin penting adalah sebagai berikut :
- Survei IKM Tahun 2015 Semester 1 adalah 75,70 ( baik ). Survei IKM Tahun 2015 Semester 2 adalah 78,92 ( baik ). Dapat dilihat dari data tersebut bahwa terjadi peningkatan nilai IKM tahun 2015 yaitu sebesar 10%;
- Responden berjumlah 100 orang yang melakukan kegiatan pengurusan izin terbanyak pada rentang usia antara 21 sampai 30 tahun dan kebanyakan didominasi oleh laki-laki. Sedang tingkat pendidikan yang terbanyak SLTA dan untuk pekerjaan karyawan swasta sebagai responden. Sedangkan untuk jenis izin yang diurus terbanyak adalah Izin Gangguan ( HO );
- Dari skor rata – rata nilai unsur pelayanan, unsur pelayanan yang memperoleh nilai terendah yaitu : Persyaratan Pelayanan ( 3,02 ) Sedangkan skor rata – rata nilai unsur pelayanan, unsur pelayanan yang memperoleh nilai tertinggi yaitu : Biaya / Tarif Pelayanan ( 3,56 ) dan Kompetensi Pelaksana Pelayanan.
- Secara umum keluhan yang disampaikan oleh responden berkaitan dengan masalah persyaratan pelayanan yang masih dianggap tidak mudah untuk dipenuhi, sarana dan prasarana utama dan penunjang yang masih belum menunjang pelayanan kepada masyarakat.
Klik disini untuk download SKM Semester 2 BP2T Kota Pontianak selengkapnya (File:SKM BP2T Semester 2.rar, 80.2MB)